Sunday, September 13, 2009

Membuat papan dari serbuk gergaji

(Masih dalam rangka mewujudkan indonesia go green)

anda mungkin banyak melihat serbuk gergaji di sawmill sawmill di pusat pengolahan kayu hutan (salah satu industri yang paling tidak saya sukai) walaupun saya sebenarnya berusaha dibidang wood working tapi saya tetap rasanya hati ini gak tega melihat kayu di tebang disana sini demi mengejar receh sedangkan ketika bencana datang kekeringan,kebakaran,longsor,puting beliung dll rame rame menyalahkan tuhan bahkan ada yang mengkait kaitkan dengan seseorang,padahal kita sendiri yang menghancurkan sistem pertahanan dunia dari bencana..

nah kalau udah terlanjur banyak serbuk gergaji cobalah olah menjadi barang bernilai tinggi
Caranya :
Alat
1. Drum Pengolahan
2. Tungku/pemanas
3. Pengaduk manual/motoris
4. Cetakan
Bahan
1. Serbuk gergaji
2. Tepung Tapioka
3. Air
Pembuatannya :
1. Masukan Air kedalam drum lalu panaskan di atas tungku
2. Setelah air mendidih, masukan tepung tapioka sekitar 30% dari umlah air aduk aduk terus
3. setelah kurang lebih 3 menit masukan serbuk gergaji sekitar 60% dari julah air+tepung, yang telah diayak sebelumnya,untuk memisahkan sampah, aduk terus hingga menjadi kental.
4. Setelah kental dan merata pencampurannya tuangkan kedalam cetakan berbentuk papan.
5. Tunggu hingga sampai tidak terlalu panas angkat dan keringkan,maka jadilah papan dari serbuk gergaji + Tepung tapioka, selamat mencoba.
Catatan :
saya juga masih dalam riset mudah2an ada yang kasih masukan. untuk mewujudkan indonesia go green.

hutan indonesia sekitar 4juta hektar hilang setiap tahunnya,benarkah? punya berapa milyar hektar indonesia hutan? apa gak terpikir dalam beberapa tahun lagi indonesia yang kaya sumber daya alam dan terkenal dengan hutan(+g)nya akan menjadi berita dunia seperti eithopia kelaparan karena lahan tandus dan kekurangan air?.........
jangan hanya bisa bangga bisa melestarikan hutang yang sampai kini belum terbayar,banggalah telah melestarikan hutan untuk membayar hutangnya.
berapa trilyun pertahun kekayan indonesia dari hutan dirampok orang yang tidak berprikehewanan + kasus korupsi yang melanda negeri, berapa tahun lagi indonesia bertahan?
saatnya bangkit indonesia lestarikan alam, bukan celotehan belaka......go..


No comments:

Post a Comment

Post a Comment